Open Source

Open Source


Pengertian Open Source


Yang dinamakan dengan open source ialah sebuah istilah yang digunakan oleh perangkat lunak atau software yang telah membebaskan atau membuka source codenya untuk dapat dilihat oleh user atau penggunanya, dan membebaskan penggunanya untuk bisa melihat bagaimana cara kerja dari software tersebut serta penggunanya juga bisa mengembangkan ataupun memperbaiki sofware tersebut agar menjadi lebih baik lagi. Kelebihan dari software open source adalah bisa didapatkan secara gratis tanpa harus membayar lisensi softwarenya. Dan umumnya software open source dapat di unduh dengan bebasdi internet. Salah satu software yang cukup terkenal adalah sistem operasi komputer Linux.
Software open source ini sangat oleh internet, mula-mula open source di download dari internet lalu dipakai oleh orang yang menggunakannya dan apabila terjadi kekurangan pada softwarenya, dapat di perbaiki dan di kembangkan. Dah hasil pengembangan software itu akan di publikasikan kembali ke internet, dan bisa di pakai oleh orang banyak. Dewasa ini mudah sekali bila ingin memperoleh open source software di internet.
Pengembangan software open source ini pastinya telah melibatkan orang yang banyak sekali dari berbagai belahan dunia, yang berhubungan melalui jaringan internet atau dunia maya. Maka seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat berakibat dengan semakin menjamurnya berbagai macam softwore yang diciptakan dengan basis open source yang di unggah ke internet. Metode dari open source ini sudah banyak melahirkan develover-develover yang sangat handal.
Meskipun software berbasis open source ini gratis, tetapi software ini bukanlah progam yang murahan, berhentilah menganggap bahwa kualitas software yang gratis itu kurang bagus. Sebab software gratis yang memilik basis open source sudah banyak melalui perbaikan yang berkelanjutan sehingga softwarenya akan semakin sempurna.

Kelebihan dan Kekurangan Software Open Source

         Kelebihan Sistem Operasi Open Source :
1. Open Source akan memberikan keleluasaan kepada pengguna untuk dapat mempelajari cara kerja sebuah perangkat lunak dan dapat memodifikasi bahkan membuat produk baru dari sumber yang ada.
2. Pengguna tidak perlu lagi bergantung pada produk tertentu karena dengan program berlisensi Open Source ini kita dapat membuat produk baru yang tidak kalah dengan produk hasil perusahaan besar seperti Microsoft, Apple dll.
3. Dengan Open Source, pengguna tidak perlu lagi berurusan dengan virus computer yang biasa menyerang system Closed Source.
4. Hemat Biaya (Gratis).
5. Kualitas hasil lebih terjamin karena komunitas melakukan evaluasi.
6. Pengurangan Pembajakan.
7. Bebas memodifikasi sesuai keperluan.
8. Bebas disebarluaskan
Kekurangan Sistem operasi Open Source :
1. Banyaknya orang yang masih belum percaya pada Open Source karena banyak diantara mereka yang menganggap bahwa Open Source susah untuk digunakan sehingga mereka lebih memilih program Close Source yang selama ini lebih dulu mereka kenal.
2. Tidak adanya proteksi terhadap HAKI.
3. Tidak ada garansi dari pengembangsn open source software.
4. Masalah yang berhubungan dengan intelektual property.
5. Kesulitan dalam mengetahui status project.
6. Masih terus dalam pengembangan dan penyempurnaan.


Jenis-jenis lisensi software komputer
Menurut Microsoft dalam “The Hallowen Document”, terdapat beberapa jenis lisensi yang dapat digunakan untuk program komputer. Beberapa jenis lisensi tersebut antara lain adalah:
1. Lisensi Commercialangkat lunak seperti Microsoft dengan Windows dan Officenya, Lotus, Oracle dan lain sebagainya. Software yang diciptakan dengan lisensi ini memang dibuat untuk kepentingan komersial sehingga user yang ingin menggunakannya harus membeli atau mendapatkan izin penggunaan dari pemegang hak cipta.
2. Lisensi Trial Software
adalah jenis lisensi yang biasa ditemui pada software untuk keperluan demo dari sebuah software sebelum diluncurkan ke masyarakat atau biasanya sudah diluncurkan tetapi memiliki batas masa aktif. Lisensi ini mengizinkan pengguna untuk menggunakan, menyalin atau menggandakan software tersebut secara bebas. Namun karena bersifat demo, seringkali software dengan lisensi ini tidak memiliki fungsi dan fasilitas selengkap versi komersialnya. Dan biasanya dibatasi oleh masa aktif tertentu.
3. Lisensi Non Commercial Use
biasanya diperuntukkan untuk kalangan pendidikan atau yayasan tertentu dibidang sosial. Sifatnya yang tidak komersial, biasanya gratis tetapi dengan batasan penggunaan tertentu.
4. Lisensi Shareware
mengizinkan pemakainya untuk menggunakan, menyalin atau menggandakan tanpa harus meminta izin pemegang hak cipta. Berbeda dengan Trial Software, lisensi ini tidak dibatasi oleh batas waktu masa aktif dan memiliki fitur yang lengkap. Lisensi jenis ini biasanya ditemui pada software perusahaan kecil.
5. Lisensi Freeware
biasanya ditemui pada software yang bersifat mendukung, memberikan fasilitas tambahan atau memang free/gratis. Contoh yang bersifat mendukung antara lain adalah plug-in tambahan yang biasanya menempel pada software induk seperti Eye Candy yang menempel pada Adobe Photoshop.
6. Lisensi Royalty-Free Binaries
serupa dengan lisensi freeware, hanya saja produk yang ditawarkan adalah library yang berfungsi melengkapi software yang sudah ada dan bukan merupakan suatu software yang berdiri sendiri.
7. Lisensi Open Source
membebaskan usernya untuk menjalankan, menggandakan, menyebarluaskan, mempelajari, mengubah, dan meningkatkan kinerja software. Berbagai jenis lisensi open source berkembang sesuai dengan kebutuhan, misalnya GNU/GPL, The FreeBSD, The MPL. Jenis-jenis software yang memakai lisensi ini misalnya Linux, sendmail, apache dan FreeBSD.

10 Aplikasi Open Source :

  • Linux, merupakan software sistem operasi yang gratis dan sangat populer.
  • XAMPP, merupakan paket software yang berguna untuk simulasi dan pengembangan web, termasuk juga di dalamnya Apache dan MySQL (database).
  • Mozilla Firefox, merupakan software yang berguna untuk menjelajahi halaman web di internet.
  • OpenOffice, merupakan paket software perkantoran yang berguna untuk mengolah kata, tabel dan database.
  • osCommerce, merupakan software aplikasi web yang digunakan untuk toko online.
  • ClamAV & ClamWin, merupakan software antivirus.
  • Audacity, merupakan software perekam sekaligus pengolah audio.
  • GIMP, merupakan software pengolah foto dan juga gambar digital.
  • VideoLAN, merupakan software pemutar file multimedia.
  • Blender, merupakan program untuk pembuatan model 3 (tiga) dimensi, misalnya seperti animasi dan game.
  • Filezilla, merupakan softwere jaringan yang berfungsi untuk transfer file via protokol FTP pada jaringan komputer atau jaringan internet.
  • Mplayer, merupakan ssoftware pemutar musik yang berbasis open source.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Open Source 2